Skip to main content

8 Cara Mudah Merawat Rumah Besar

Rumah sebagai tempat tinggal memerlukan perawatan. Semakin besar rumah, akan semakin besar pula biaya perawatannya. Agar tidak melebihi budget yang Anda miliki untuk memelihara keindahan rumah, ikuti 8 cara mudah berikut dalam merawat rumah besar.

1.      Libatkan Penghuni Rumah untuk Aktivitas Bersih-Bersih

Satu hal yang harus ditekankan ketika tinggal di rumah besar adalah menjalankan peraturan. Salah satu contoh peraturan yaitu setiap anggota keluarga mempunyai kontribusi untuk menjadikan rumah bersih setiap saat.

Membuat penghuni berpartisipasi dalam menjaga kebersihan dilakukan agar mereka memiliki sense of belonging terhadap rumah yang ditinggali. Aktifitas bersih-bersih dapat disesuaikan dengan jadwal masing-masing.

2.      Jangan Biarkan Debu Menumpuk

Demi menciptakan lingkungan rumah yang nyaman dan sehat, kegiatan bersih-bersih perlu dilakukan secara rutin. Jarang membersihkan rumah akan membuat debu dan kotoran semakin tebal dan menyebabkan munculnya sarang penyakit.

Ada beberapa cara efektif yang dapat dilakukan untuk membuat rumah tetap bersih. Salah satunya dengan membersihkan rumah setiap hari agar pekerjaan terasa ringan. Jangan menunggu sampai debu menumpuk, baru dibersihkan karena akan diperlukan usaha lebih untuk membersihkan debu yang makin menumpuk.  

3.      Simpan Barang pada Tempatnya

Pernahkan Anda kesulitan dalam mencari barang? Itu dapat terjadi dikarenakan penghuni rumah tidak langsung mengembalikan barang ke tempat semula setelah digunakan.

Untuk mempermudah dalam mencari barang, sebaiknya Anda memberi label pada tiap tempat penyimpanan sesuai dengan kategori barang. Sebaiknya Anda juga luangkan waktu sedikit untuk mengembalikan barang yang sudah digunakan pada tempatnya agar barang tersimpan dengan baik dan rumah selalu terlihat rapi.

4.      Pilih Cat Berkualitas

Memilih cat dinding berkualitas dan tahan lama bukanlah suatu perkara yang mudah. Banyak hal yang perlu diperhatikan, seperti pemilihan warna, lokasi ruangan yang akan dicat, hingga penyesuaian dengan warna perabot rumah.

Pilih cat yang berkualitas tinggi dan memiliki keunggulan khusus seperti cat dinding yang mudah dibersihkan atau anti air. Selain itu, Anda juga perlu melakukan perawatan dengan pengecatan ulang minimal setiap 6-12 bulan sekali.

5.      Hindari Koleksi yang Tidak Diperlukan

Anda suka mengoleksi pajangan di rumah? Terlalu banyak memiliki pajangan akan membuat Anda kesusahan untuk membersihkannya. Apalagi jika Anda termasuk orang yang sibuk. Akan lebih baik hindari untuk mengoleksi benda yang membutuhkan perawatan khusus.

Dengan menghindari hal tersebut, rumah akan terlihat lebih rapi dan bersih.

6.      Jangan Timbun Barang yang Tidak Dibutuhkan

Jangan biasakan untuk menumpuk banyak barang karena merasa tidak rela untuk di buang, Kalau Anda menimbun barang yang tidak dibutuhkan, hal tersebut dapat mengundang binatang tinggal di rumahmu, seperti tikus, kecoak, dan binatang lainnya.

Untuk mensiasatinya, Anda dapat mengadakan garage sale atau menyumbangkan barang yang tidak terpakai ke panti asuhan.

7.      Fokus Membersihkan Pada Tiap Ruangan

Rumah berar memiliki banyak ruangan dan Anda perlu fokus saat membersihkan setiap ruangan. Usahakan untuk tetap focus membersihkan sebuah ruangan sebelum berpindah ke ruangan lainnya. Hindari untuk membersihkan lebih dari satu ruangan dalam waktu bersamaan.

 Dengan demikian, Anda dapat berkonsentrasi secara penuh dan tidak sampai kehilangan fokus.

8.      Rutin Bersihkan Lantai

Lantai merupakan bagian dari sebuah rumah yang paling rentan kotor. Banyak hal yang dapat memengaruhi kebersihan dan tampilan lantai. Oleh karena itu, sebagai pemilik rumah, Anda harus memberikan perhatian ekstra jika ingin lantai rumahnya tetap awet dan selalu tampil bersih.

Setiap jenis lantai memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing serta cara perawatan yang berbeda. Diperlukan penanganan dari professional untuk perawatannya. Kemilau Marmer dapat dijadikan solusi untuk Anda yang menginginkan lantai rumah yang terawat.

Comments

Popular posts from this blog

Ini Lho Tahapan & Proses Poles Marmer yang Harus Anda Tau!

Melakukan poles secara rutin merupakan salah satu treatment yang dilakukan untuk menjaga dan merawat marmer agar tetap bersih dan berkilau. Meski ‘katanya’ bisa dilakukan sendiri, poles marmer sebaiknya dilakukan oleh orang yang profesional dan sudah berpengalaman agar hasilnya benar-benar kinclong sesuai dengan harapan. Karena itulah, ada baiknya jika Anda memanggil jasa poles marmer untuk menangani segala masalah kilau lantai Anda. Tapi sebelum itu, yuk ketahui dulu tahap-tahap memoles marmer beserta prosesnya. Proses Poles Marmer 1. Pengikisan & Pemasangan Ulang Nat Nat merupakan bagian pengisi di antara susunan lantai. Untuk marmer yang masih baru, nat yang terbentuk biasanya tidak memiliki ukuran yang sama sehingga tampilannya kurang rapi. Karena itulah nat dikikis dan dipotong hingga ukurannya sama. Setelah itu, nat akan dipasang kembali. Tahapan ini hanya dilakukan untuk marmer yang membutuhkan perawatan full service. Tahap ini juga dilakukan untuk me

Tips Mudah Merawat Lantai Parket

Salah satu jenis lantai yang cukup sering digunakan orang adalah parket atau lantai kayu. Lantai ini biasanya digunakan untuk menambah kesan natural pada hunian. Selain itu, parket juga sering digunakan untuk menghadirkan gaya hunian Scandinavia. Anda yang ingin menggunakan parket di hunian, perlu diketahui bahwa jenis lantai ini cukup berisiko cepat rusak karena kayu merupakan bahan yang mudah lapuk jika tidak dirawat dengan baik. Lalu, bagaimana cara merawat lantai kayu atau parket yang benar agar awet dan tahan lama? Berikut ulasannya. Rutin Menyapu Lantai Tak hanya parket, menyapu adalah perawatan dasar semua jenis lantai yang harus Anda lakukan. Sapu lantai secara rutin setiap hari untuk menghindari debu menempel. Gunakan sapu berbahan lembut agar tidak merusak permukaan lantai. Anda juga bisa menggunakan vacuum cleaner agar lebih mudah mengangkat noda. Pel Lantai Anda tidak perlu terlalu sering mengepel parket karena berisiko merusak lantai. Cukup pel lantai se

Masalah-Masalah Pada Lantai Marmer & Cara Mengatasinya

Masalah seperti kusam, hilang kilap atau berubah warna pasti pernah dialami para pengguna lantai marmer atau granit. Penyebabnya bisa karena terlalu sering terkena sentuhan, misalnya lantai yang sering terinjak. Sebenarnya, ada beberapa masalah yang sering terjadi pada lantai marmer dan granit. Dilansir dari www.kemilaumarmer.com , berikut adalah ulasannya. Goresan Dalam Goresan yang terjadi pada permukaan marmer bisa disebabkan oleh gesekan yang terjadi saat memindahkan/menggeser furnitur. Goresan benda tajam tentunya juga akan meninggalkan lukan pada marmer. Poles marmer adalah cara yang tepat untuk menghilangkan goresan tersebut. Etching Etching adalah kusam pada marmer dan granit yang disebabkan oleh cairan berkandungan asam seperti cuka, pembersih keramik, minuman ringan, bahkan tumpahan jus. Noda ini tidak bisa dihilangkan secara manual menggunakan air dan lap. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan poles marmer. Water Rings / Spots Water ring