Skip to main content

Tips Mudah Merawat Lantai Parket


Tips Mudah Merawat Lantai Parket

Salah satu jenis lantai yang cukup sering digunakan orang adalah parket atau lantai kayu. Lantai ini biasanya digunakan untuk menambah kesan natural pada hunian. Selain itu, parket juga sering digunakan untuk menghadirkan gaya hunian Scandinavia.

Anda yang ingin menggunakan parket di hunian, perlu diketahui bahwa jenis lantai ini cukup berisiko cepat rusak karena kayu merupakan bahan yang mudah lapuk jika tidak dirawat dengan baik. Lalu, bagaimana cara merawat lantai kayu atau parket yang benar agar awet dan tahan lama? Berikut ulasannya.

Rutin Menyapu Lantai

Tak hanya parket, menyapu adalah perawatan dasar semua jenis lantai yang harus Anda lakukan. Sapu lantai secara rutin setiap hari untuk menghindari debu menempel. Gunakan sapu berbahan lembut agar tidak merusak permukaan lantai. Anda juga bisa menggunakan vacuum cleaner agar lebih mudah mengangkat noda.

Pel Lantai

Anda tidak perlu terlalu sering mengepel parket karena berisiko merusak lantai. Cukup pel lantai sebulan sekali atau ketika Anda merasa lantai benar-benar perlu dibersihkan. Pel parket menggunakan kain pel lembut dan air hangat. Setelah itu, pel kembali menggunakan lap kering.

Hindari Dari Sinar Matahari Langsung

Salah satu kekurangan menggunakan lantai kayu adalah warnanya mudah pudar, apalagi jika terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung. Untuk menghindarinya, Anda bisa memasang gorden pada sumber-sumber masuknya sinar matahari.

Lapisi Kaki Furnitur

Untuk mencegah lantai parket tergores saat Anda menggeser furnitur, ada baiknya jika Anda meletakkan kain di bawah kaki-kaki furnitur.

Rutin Melakukan Poles

Cara terakhir yang harus Anda lakukan untuk menjaga lantai parket tetap bersih dan mengkilap adalah dengan melakukan poles secara rutin, minimal 1 tahun sekali. Pemolesan ulang akan membuat lantai parket lebih awet.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga lantai parket tetap bersih dan berkilau. Selamat mencoba!


Comments

Popular posts from this blog

Ini Lho Tahapan & Proses Poles Marmer yang Harus Anda Tau!

Melakukan poles secara rutin merupakan salah satu treatment yang dilakukan untuk menjaga dan merawat marmer agar tetap bersih dan berkilau. Meski ‘katanya’ bisa dilakukan sendiri, poles marmer sebaiknya dilakukan oleh orang yang profesional dan sudah berpengalaman agar hasilnya benar-benar kinclong sesuai dengan harapan. Karena itulah, ada baiknya jika Anda memanggil jasa poles marmer untuk menangani segala masalah kilau lantai Anda. Tapi sebelum itu, yuk ketahui dulu tahap-tahap memoles marmer beserta prosesnya. Proses Poles Marmer 1. Pengikisan & Pemasangan Ulang Nat Nat merupakan bagian pengisi di antara susunan lantai. Untuk marmer yang masih baru, nat yang terbentuk biasanya tidak memiliki ukuran yang sama sehingga tampilannya kurang rapi. Karena itulah nat dikikis dan dipotong hingga ukurannya sama. Setelah itu, nat akan dipasang kembali. Tahapan ini hanya dilakukan untuk marmer yang membutuhkan perawatan full service. Tahap ini juga dilakukan untuk me

Masalah-Masalah Pada Lantai Marmer & Cara Mengatasinya

Masalah seperti kusam, hilang kilap atau berubah warna pasti pernah dialami para pengguna lantai marmer atau granit. Penyebabnya bisa karena terlalu sering terkena sentuhan, misalnya lantai yang sering terinjak. Sebenarnya, ada beberapa masalah yang sering terjadi pada lantai marmer dan granit. Dilansir dari www.kemilaumarmer.com , berikut adalah ulasannya. Goresan Dalam Goresan yang terjadi pada permukaan marmer bisa disebabkan oleh gesekan yang terjadi saat memindahkan/menggeser furnitur. Goresan benda tajam tentunya juga akan meninggalkan lukan pada marmer. Poles marmer adalah cara yang tepat untuk menghilangkan goresan tersebut. Etching Etching adalah kusam pada marmer dan granit yang disebabkan oleh cairan berkandungan asam seperti cuka, pembersih keramik, minuman ringan, bahkan tumpahan jus. Noda ini tidak bisa dihilangkan secara manual menggunakan air dan lap. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan poles marmer. Water Rings / Spots Water ring